Merawat bearded dragon

Bearded Dragon (Pogona vitticeps)

Bearded dragon adalah hewan peliharaan reptil yang cukup populer di kalangan hobbies. Warnanya yang sangat cerah dan beragam membuat hewan ini sangat exotis.Bearded dragon juga memiliki Prilaku yang lucu, Tegas dan menggemaskan.

Ketersediaan Bearded Dragon 

Banyak bearded dragon dijual di toko hewan online. Kalian juga dapat menemukannya dijual belikan di komunitas pecinta reptil dan bearded dragon. Kebanyakan bearded dragon yang kalian temui adalah hasil ternak. Walau ada beberapa penjual yang menjual bearded dragon hasil tangkapan alam. Saya sarankan untuk membeli bearded dragon hasil ternak saja. Karena warna mereka jauh lebih bagus dan memiliki temperamen yang ramah , sangat cocok untuk di pegang seharian.

Bearded Dragon Size

Bayi bearded dragon biasanya berukuran 10 cm dan akan tumbuh terus hingga ukuran 60 cm.


Bearded Dragon Lifespan

Rata- rata bearded dragon akan hidup selama 10 tahun. Jika dirawat dengan baik bearded akan hidup jauh lebih lama

Tips Kandang Bearded dragon

Aquarium 100 liter sangat ukup untuk bayi bearded dragon, Untuk bearded dragon kamu akan membutuhkan kandang yang besar. Untuk kandang outdoor hanya disarankan untuk daerah2 yang memiliki temperatur daerah yang hangat, dan pastikan bearded dragon anda memiliki tempat bejemur


Pencahayaan dan Suhu Darat Bearded Dragon

gunakan lampu spot di satu sisi kandang bearded dragon untuk menghangatkannya, Gunakan Batu di bawah lampu spot untuk tempat bearded dragon berjemur, Batu yang tersorot lampu spot akan menjadi hangat dan baik untuk pencernaan bearded dragon.Sisi panas harus di jaga pada suhu 32 derajat celcius, dan sisi dingin di jaga pada suhu 27 derajat.

Selain lampu spot, berikan pencahayaan UVB (ultraviolet) spektrum penuh di seluruh selungkup. Pencahayaan ini sangat penting untuk bearded dragon yang disimpan di dalam ruangan, karena membantu mereka dalam mensintesis vitamin D3, yang membantu penyerapan kalsium. Ada banyak jenis lampu yang tersedia; berkonsultasi dengan karyawan toko dan baca kemasan untuk menentukan yang terbaik untuk pengaturan Anda.

Substrat Bearded Dragon Darat

Pasir umumnya digunakan dengan naga berjanggut, meskipun ada kekhawatiran, terutama ketika menjaga kadal muda, bahwa impaksi usus dapat terjadi jika mereka secara tidak sengaja memakan beberapa. Anda tidak disarankan menjaga Bearded dragon muda di atas pasir, atau segala jenis media yang longgar.

Naga berjanggut dewasa dapat disimpan di substrat yang sama. Jika Anda harus menggunakan pasir, pasir taman bermain (tersedia di toko perangkat keras dan toko serba ada) adalah pilihan yang layak karena faktanya tidak berdebu seperti pasir jenis lain. Anda juga dapat membeli "pasir reptil" yang dapat dicerna di toko reptil dan hewan peliharaan, meskipun pendapat tentang keamanannya beragam. Jika Anda mencoba beberapa, pastikan untuk mengikuti arahan pabrikan. Pasir dicampur dengan tanah bersih yang belum diolah dengan pupuk, pestisida, dll., Juga dapat digunakan dengan naga berjanggut dewasa.

Jika Anda menjaga naga berjanggut di pasir, kurangi risiko impaksi dengan menawarkan makanan di piring yang dangkal daripada menempatkannya langsung di substrat.

pilihan lain adalah, carpet hewan , koran , dan kertas bekas

Bearded Dragon Food

Bearded dragon adalah omnivora, artinya mereka memakan hewan dan tumbuhan. Mereka biasanya tidak pilih-pilih dan makan dengan penuh semangat. Serangga, seperti jangkrik dan ulat , harus ditaburi dengan suplemen vitamin / mineral dan kalsium. Ini dapat dicapai dengan menempatkan serangga di dalam kantung plastik dengan sedikit bubuk, dan mengocok kantung untuk melapisi serangga dengan ringan sebelum menawarkannya ke kadal Anda.

Beri juga Bearded dragon, sayuran cincang halus (seperti selada romaine, zucchini, wortel, dll.), Hijau (collard, mustard, dandelion, dll.) Dan buah (kiwi, pisang, mangga, dll.). Gunakan makanan sehat dan kaya vitamin; taburkan jumlah yang tepat dari suplemen bubuk pada makanan ini juga. Hindari selada karena tidak bergizi.

Bearded dragon juga akan memakan pinkies tikus, dan berbagai macam makanan olahan bergizi seimbang juga tersedia di toko hewan peliharaan. Sekali lagi, jika Anda menjaga naga di atas pasir, tawarkan makanan di atas piring yang dangkal daripada menempatkannya langsung di atas substrat.

Air Untuk  Bearded Dragon 

bearded dragon menggunakan botol semprotan air; mereka akan menjilat tetesan air dari dinding kandang, batu, dll, serta diri mereka sendiri. Jangan berlebihan; Anda tidak ingin kandang mereka menjadi terlalu basah dan menjadi lembab. Tawarkan air dalam cawan yang cukup besar untuk direndam. Pastikan untuk menjaga piring ini dan air di dalamnya bersih.

Penanganan dan Temperamen Bearded dragon

 Bearded dragon umumnya sangat jinak dan sangat tenang saat di pegang, Jika bearded anda mendadak menjadi galak segera check kesehatannya mungkin dia memiliki masalah pencernaan atau stress berat.