cara merawat tegu

Spesies Tegus



Tegus tersebar luas di seluruh Amerika Selatan di mana mereka toleran terhadap berbagai habitat. Salvator merianae dan Salvator rufescens mendiami wilayah tengah dan barat benua di Brasil, Argentina, Paraguay, Uruguay, dan Bolivia. Mereka adalah spesies yang diperkenalkan ke Pulau Fernando de Noronha dan Amerika Serikat, ditemukan di Florida selatan dan tengah. Tegus diburu terutama untuk kulit, perdagangan hewan peliharaan komersial, dan konsumsi manusia oleh penduduk setempat pada tingkat yang lebih rendah. Pada tahun 1999 kuota ekspor dari Argentina dan Paraguay adalah 1.350.000 kulit per tahun. Populasi tegus dipantau menurun dan spesiesnya adalah hewan Appendiks II yang terdaftar dalam CITES.

Pada 2012 sejumlah spesies tegu direklasifikasi dari Tupinambis ke Salvator genus yang sebelumnya digunakan. Klasifikasi yang baru diusulkan berasal dari restrukturisasi keluarga Teiidae berdasarkan studi 137 karakteristik morfologi. Klasifikasi baru adalah sebagai berikut: Salvator duseni (tegu kuning atau Duseni), Salvator rufescens (tegu merah Argentina), Salvator merianae (tegu raksasa, tegu Argentina, tegu biru), Tupinambis teguixin (tegu hitam-putih Kolombia, tegu emas), Tupinambis longilineus (Rhondonia tegu), Tupinambis palustris (rawa tegu), Tupinambis quadrilineatus (tegu empat baris).

Ketersediaan Tegu

kalian dapat dengan mudah mendapatkan tegu di toko toko hewan online atau ke kominutas pencita tegu yang ada di indonesia
.

Ukuran Tegu

tegu dapa tumbuh hingga 2 meter dan akan memiliki tubuh yang sangat berat dan rahang yg mengeerikan

Tegu Life Span

Tegus dapat hidup sampai 12-20 tahun di penangkaran.


Kandang Tegu

kandang besar adalah pilihan baik untuk tegu , untuk saya menyarankan kandang berukuran 100cm x 50 x 50 cm untuk tegu di bawah 50 cm , dan untuk tegu yg lebih besar kalian dapat membuat kandang berukuran 2 x 1 x 1 meter untuk memaksimalkan kesehatan tegu, kandang outdoor adalah pilihan lain yang sangat di anjurkan. untuk kandang outdoor pastikan kalian menempatkann kandangnya di  tempat yang terkena matahari langsung untuk tegu berjemur jangan lupa untuk menggunakan bahan yang kuat karena tegu dapat merusak banyak benda dengan sangat mudah.sumber air juga sangat penting untuk kenyamanan tegu kalian dapat meletekan cawan air di dalam kandangya

Pencahayaan dan Suhu Kadal

untuk kandang indor kalian perlu menyiapkan lampu spot dan lampu uva dan uvb. jalna lupa untuk memberikan sisi dingin di kandang agar tegu kalian tidak kepanasan. walau pun kalian telah memasang lampu uva uvb menjemur tegu di matahari langsung hukumnya adalah wajib. itu mengapa saya menyaran kandang outdoor agar tegu dapat jerjemur secara mandiri


Substrat kadal

Mulsa Cypress adalah substrat yang paling direkomendasikan dalam beberapa tahun terakhir. Karena Cypress menjadi kurang tersedia karena masalah lingkungan dan penjaga beralih ke pilihan yang lebih sehat untuk reptil mereka, campuran tanah / pasir semakin populer. Pasir dicampur dengan 30-50% tanah lapisan atas dan / atau sabut kelapa sesuai kebutuhan untuk mempertahankan konsistensi yang dapat menahan liang. Idealnya, setidaknya satu ujung selungkup akan memiliki 1-2 kaki media sehingga tegu dapat terlibat dalam perilaku menggali normal. Jika substrat memiliki konsistensi dan kedalaman yang tepat, tegu dapat membuat rumahnya sendiri yang akan menyimpan kelembapan dengan jumlah yang sehat dan pemilik merasa puas mengamati perilaku alami.

Tanah pot komersial dapat mengandung aditif seperti pupuk yang berbahaya bagi reptil. Pastikan untuk memilih merek organik atau pilih tempat yang aman untuk menggali tanah Anda sendiri! Tanah yang gelap dapat menodai kadal sehingga sabut sering digunakan sebagai campuran, bukan tanah lapisan atas hitam. Pastikan media tetap lembab agar debu tidak mengiritasi tegu. Menambahkan lapisan mulsa daun di bagian atas media dapat membantu mempertahankan kelembapan. Tidak perlu memanggang atau mensterilkan tanah atau pasir apa pun yang ditambahkan ke media. Organisme kecil yang menghuni tanah secara alami akan menguraikan potongan-potongan kecil dari kotoran dan sisa makanan, menciptakan substrat bioaktif. Penyedia dapat ditemukan secara online yang menjual isopoda untuk membantu membuat substrat bioaktif.



Makanan Kadal

Tegus memiliki nafsu makan yang tinggi yang membuat mereka mudah dipelihara sebagai hewan peliharaan reptil. Mereka omnivora, namun tegus remaja membutuhkan lebih banyak protein secara keseluruhan. Studi tegus di habitat asli mereka telah menemukan bahwa makanan terdiri dari sekitar 30-66% bahan nabati (kebanyakan buah), 15-40% invertebrata, dan 20-28% vertebrata. Makanan remaja adalah sekitar 48% invertebrata, 22% materi nabati, dan 16% vertebrata. Tegus berhasil dengan baik pada diet mangsa utuh dengan penambahan bahan nabati. Mereka rentan terhadap obesitas yang tampaknya paling sering terjadi ketika tikus yang makan terlalu banyak dan daging berlemak.

Suplementasi penting untuk tegus sebagai orang dewasa dan tumbuh remaja. Multivitamin dapat diberikan setiap minggu tetapi tanaman menyediakan sumber vitamin dan fitonutrien terbaik. Banyak reptil hewan peliharaan menderita kalsium rendah dalam makanan. Kalsium harus ada dalam makanan dengan perbandingan fosfor 2: 1. Karena data gizi tidak selalu tersedia untuk semua makanan, menambahkan kalsium ke makanan apa pun tanpa tulang menjadi aturannya. Menambahkan Vitamin D ke dalam diet tidak perlu jika tegu memakan item mangsa utuh daripada daging otot dan memiliki akses ke UVB berkualitas tinggi.

Air dan Kelembaban

Di negara asalnya Amerika Selatan, tegus hidup di daerah subtropis yang mungkin mengalami periode banjir bergantian dengan periode kondisi gersang. Sementara mereka dengan mudah beradaptasi dengan perubahan kelembaban, mereka melakukan yang terbaik ketika disimpan pada 60-80% keseluruhan. Jangat lembab dapat disediakan dengan menambahkan sphagnum moss yang lembab ke kotak persembunyian atau kabut harian dari liang dengan reptil tuan (Exo Terra).

Banyak tegus menikmati berendam di air mereka dan menghargai kolam yang cukup besar untuk seluruh tubuh dan ekornya agar nyaman di dalam. Karena mereka sering buang air besar di air mereka, mangkuk dan kolam perlu diperiksa dan dibersihkan setiap hari.


Penanganan dan Temperamen

Di alam liar, tegus adalah pemburu oportunistik yang aktif mencari mangsa kecil untuk menangkap atau melacak lokasi buah di tanah. Ini membuat mereka menjadi hewan peliharaan reptil yang ingin tahu dan mudah dikondisikan. Jika mereka memiliki hubungan positif yang berulang dengan penangannya, tegus mengetahui bahwa manusia tidak mengancam.

Bayi tegus secara alami bertingkah seperti mereka melihat sebagian besar dunia di sekitar mereka sebagai besar dan berbahaya. Tegus liar yang lebih tua lebih berani dan bisa bersikap defensif jika takut, mencambuk ekornya dan menggigit. Kesabaran, konsistensi, dan episode pendek penanganan singkat akan membuatnya terbiasa dengan kehadiran Anda. Jangan angkat tegu Anda setiap kali berada di dekat enklosur. Beberapa waktu mungkin dihabiskan hanya dengan menyentuh tanah di dalam kandang atau duduk dekat dengan kandang. Jika ada makanan yang disukai seperti blueberry atau cacing gelang, simpanlah makanan untuk diberikan saat dia ditangani oleh Anda. Jadikan setiap asosiasi dengan Anda asosiasi positif. Memberi makan sebelum penanganan dapat mengurangi rasa lapar. Menyimpan baju yang baru dikenakan di kulitnya akan mengasosiasikan aroma Anda dengan tempat yang aman. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan tegu mengasosiasikan tangan Anda dengan makanan atau dia mungkin menjadi agresif di kandangnya dan menyergap Anda saat diberi makan. Setelah tegu Anda terbiasa dengan kehadiran Anda dan mentolerir ditahan, ia kemudian dapat terkena situasi baru yang mengarah ke sosialisasi. Hasilnya adalah teman reptil yang cerdas, menghibur, dan menyenangkan berada di sekitar.